Permintaan dan Penawaran | Pengertian, Hukum dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya

BangAldhy- Kembali lagi ni bersama admin yang kali ini akan share sedikit mengenai permintaan dan penawaran.

apa sih pengertian penawaran dan permintaan, lalu apa juga hukum dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran dan permintaan
Permintaan dan Penawaran
 Sebenarnya ini adalah materi kuliah admin, daripada nanti lupa mending di buat artikel, iya kan.

Seperti diketahui dalah Ilmu Ekonomi ada yang namanya Permintaan dan Penawaran, dimana kedua unsur ini harus ada ketika proses ekonomi berjalan.

Dimana Permintaan mewakili Pembeli dan Penawaran Mewakili Produsen/Penjual.

Tapi, apa sih pengaruh dari permintaan dan penawaran ini?

Pengaruhnya adalah akan mempengaruhi atau menentukan tingkat harga dan jumlah suatu barang atau jasa.

Paham?

Kita muali dari Permintaan.

Apa itu permintaan?

Permintaan adalah keinginan konsumen terhadap sejumlah barang yang akan dibeli atau diminta pada tingkat harga tertentu selama periode waktu tertentu.

Sedangkan hukum permintaan itu sendiri adalah:

“Semakin rendah harga suatu komoditas, maka semakin banyak pula jumlah komoditas tersebut yang diminta, sebaliknya semakin tinggi harga suatu komoditas maka semakin sedikit komoditas tersebut diminta (Ceteris Paribus)”

Apakah bisa dimengerti?

Jadi kalau di ilustrasikan itu bahwa ketika harga rokok misalnya itu rendah (murah) maka jumlah rokok yang diminta itu akan semakin banyak, namun ketika harga rokok itu naik (mahal) maka otomatis permintaan terhadap rokok itu akan berkurang, kenapa? Karena ada beberapa faktor yang nanti akan di jelaskan di bawah. Contohnya adalah ada rokok lain yang memiliki harga lebih murah dan rasanya hampir sama.

Nah, tadikan ada disebutkan ada beberapa fakto yang mempengaruhi permintaan.

Apa saja itu?

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
1. Harga komoditas itu sendiri
2. Harga komoditas lain yang berkaitan/memiliki fungsi yang erat dengan komoditas tersebut
3. Pendapatan rumah tangga atau pendapatan rata-rata masyarakat
4. Distribusi pendapatan dlm masyarakat
5. Citarasa / selera masyarakat
6. Jumlah penduduk
7. Ramalan mengenai keadaan di masa depan

Nah, itu adalah penjabaran dari permintaan, untuk selanjutnya kita akan membahas mengenai penawaran.

Penarawan

Apa itu penawaran?

Mungkin dari kalian sudah mengetahui penawaran itu sendiri, tapi disini admin mau memberikan definisi dari penawaran itu sendiri.

Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia untuk dijual oleh penjual maupun produsen pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu.

Lalu apa hukum penawaran itu sendiri?

“Semakin tinggi harga suatu komoditas maka semakin banyak jumlah komoditas tersebut yang akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, semakin rendah harga suatu komoditas makin sedikit jumlah yang ditawarkan oleh para penjual (Ceteris Paribus)”

Paham?

Jika belum paham akan admin berikan sedikit ilustrasinya. Disini admin menggunakan roti sebagai contohnya.

Jadi begini, jika harga roti itu tinggi (mahal) maka secara otomatis jumlah roti yang di produksi atau ditawarkan itu akan semakin banyak. Kenapa? Karena untuk menutupi beberapa faktor seperti harga produksi yang digunakan ataupun beberapa hal lainnya.

Berarti ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran? Iya.

Lalu apa saja faktor tersebut?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:

1. Harga komoditas itu sendiri
2. Harga komoditas lain
3. Biaya produksi yi biaya utk memperoleh faktor produksi & bahan mentah
4. Tujuan perusahaan
5. Tingkat teknologi yang digunakan saat produksi
6. Musim
7. Faktor lain seperti (kebijakan pemerintah dan jumlah pedagang)

Sudah paham?

Jika masih ada yang belum paham mari kita diskusikan di kolom komentar ya kawan-kawan.

Berhubung admin juga sudah pusing dengan materi ini.

Kita sudahi saja artikel ini dengan mengucapkan terimakasih.

Selamat belajar.
Link copied to clipboard.