4 Proses Pembentukan Tanah Lengkap Dengan Penjelasannya

Tanah yang selalu kita pijak ini ternyata tidaklah terbentuk secara otomatis, ada tahapan proses yang harus di alaminya. Dan dalam artikel ini kita akan membahasnya dengan tuntas , silahkan baca dengan teliti dan apabila ada ada permasalahan atau pertanyaan silahkan berkomentar di bawah ini. Proses terbentuknnya tanah secara umum dapat di bagi menjadi 4 bagian, yakini:

Tanah, bagaimana sih proses terbentuknya tanah, mari kita simak rangkuman dari proses terbentuknya tanah di muka bumi ini.

Rangkuman 4 Proses Pembentukan Tanah Lengkap
Rangkuman 4 Proses Pembentukan Tanah Lengkap

Tanah yang selalu kita pijak ini ternyata tidaklah terbentuk secara otomatis, ada tahapan proses yang harus di alaminya.

Dan dalam artikel ini kita akan membahasnya dengan tuntas , silahkan baca dengan teliti dan apabila ada ada permasalahan atau pertanyaan silahkan berkomentar di bawah ini.

Proses terbentuknnya tanah secara umum dapat di bagi menjadi 4 bagian, yakini:

1. Pelapukan

Proses pertama dari ini pembentukan tanah adalah proses pelapukan batuan yang terjadi karena adanya bantuan dari sinar matahari, cuaca yang ekstreme dan juga suhu yang berubah-ubah.

Lalu ada juga interaksi dengan hidrosfer dan juga atmosfer yanng akan membuat pelapukan secara kimiawi. Hal ini membuat beberapa tumbuhan seperti lumut mulai bisa tumbuh di atas batu.

2. Pelunakan

Ketika proses pelapukan akan membuat sedikit rongga yang memudahkan untuk air dan udara masuk.

Hal ini akan membuat batuann di tumbuhi oleh tanaman seperti lumut, hal ini terjadi karena lumut mendapatkann asupan air dan juga udara dari dalam batu.

3. Penumbuhan

Setelah air da udara masuk, lalu tumbuhan seperti lumut mulai tumbuh di batuan, maka akan membuat rogga semakin besar.

Dan akan membuat tumbuhan kecil akan tumbuh di atas permukaan batu, tentunya di sini sudah mulai proses pengikisan secara kecil.

Dan lala kelamaan akan membuat batu menjadi hancur dan menjadi mineral pembentukan tanah.

4. Penyuburan

Setelah batuan mulai mengalami kehancuran dan menjadi mineral tanah maka proses selanjutnya adalah dengan mengalami proses penyuburan.

Dalam proses ini akan memakan waktu yang lama karena untuk membentuk tanah setebal 30 cm itu membutuhkan waktu lebih kurang 100 tahun, maka bisa di katakan tanah itu subur.

Oleh karena itu kita harus menjaga kestabilan lingkungan kita untuk anak dan cucu kita kelak nanti.
Itulah proses dari pembentukan tanah yang sangat lama sekali prosesnya.
Link copied to clipboard.