Segmentasi Pasar: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya
Segmentasi pasar dapat diartikan sebagai proses pengelompokan pasar (konsumen) oleh perusahaan ke dalam segmen yang berbeda-beda seperti perilaku, kondisi sosial, dan karakteristiknya.
Sedangkan segmen pasar merupakan sekelompok orang yang memiliki karakteriatik sesuai pada aktivitas pemasaran.

Tujuan segmentasi pasar adalah untuk memudahkan dalam memilih strategi dalam memasarkan suatu produk/jaya yang di tawarkan suatu perusahaan.
Dikarenakan dalam segmentasi pasar dilakukannya identifikasi segmen pasar agar dalam proses pemasaran akan mengurangi biaya yang dikeluarkan dan memperoleh penjualan yang maksimal.
Beberapa variabel yang dapat digunakan dalam proses segmentasi pasar adalah:
1. Geografi
Wilayah
Iklim
2. Demografi
Jenis kelamin
Usia
Pekerjaan
Pendidikan
3. Psikografi
Gaya hidup
Kelas sosial
4. Prilaku
Sedangkan segmen pasar merupakan sekelompok orang yang memiliki karakteriatik sesuai pada aktivitas pemasaran.

Baca Juga
Hal yang harus diperhatikan dalam segmentasi pasar adalah dasar-dasar yang digunakan dalam melakukan pengelompokan pasar agar mendapatkan hasil yang maksimal.
1. Geografi
Wilayah
Iklim
2. Demografi
Jenis kelamin
Usia
Pekerjaan
Pendidikan
3. Psikografi
Gaya hidup
Kelas sosial
4. Prilaku
Tingkat penggunaan
Status pemakai
Itulah artikel mengenai segmentasi pasar beserta contohnya
Semoga artikel ini dapat membantu
Status pemakai
Itulah artikel mengenai segmentasi pasar beserta contohnya
Semoga artikel ini dapat membantu