Apa Fungsi Organ Telinga Bagian Dalam? Ilmu Pengetahuan Alam

BangAldhy- Apa sih fungsi bagian dalam atau organ yang ada di bagian dalam telinga manusia? Atau mungkin kamu belum tau apa saja organ yang ada pada telinga bagian dalam?

Orang telinga bagian dalam terletak didalam tengkorak yang meliputi tulang siput (koklea, akustik dan vestibulokoklear) saraf dan struktur yang membentuk sistem vestibular.

Mungkin kalian masih belum memahami tentang koklea ataupun vestibular dan istilah di atas, maka akan admin berikan sedikit penjelasan mengenai istilah di atas.

Koklea adalah organ pada tulang siput di telinga bagian dalam yang berisi sel-sel rambut dan cairan limfatik atau biasa di kenal dengan istilah endolimfe dan perlilimfe yang berperan penting dalam proses penerimaan informasi suara ke otak.

Sementara sistem vestibular memainkan peranan penting untuk membantu otak dalam menentukan posisi tubuh dan gerak.


Lalu, apa sih fungsi dari orang telinga bagian dalam?

Berikut ini penjelasannya

1. Pendengaran
Fungsi pertama dari telinga bagian dalam adalah pendengaran yang mana getaran suara yang di tangkap dapat di ubah dan di transfer ke otak dan di tafsirkan sebagai suara.

Ketika getaran yang di tangkap mencapai telinga bagian dalam maka getaran tersebut akan di ubah menjadi gelombang cairan. Dimana ketika itu sel rambut yang ada di koklea merangsang sel saraf koklea yang efektif mengubah kekuatan menjadi implus saraf, atau biasa di kenal dengan tranduksi.

Lalu implus saraf bergerak sepanjang saraf akustik ke korteks pendengaran otak dan menafsirkan implus saraf menjadi suara.

2. Interpretasi Posisi
Fungsi kedua adalah untuk interpretasi posisi yang membuat organ tubuh dapat mengirimkan informasi mengenai posisi kepala ke otak yang memungkinkan otak untuk menjaga kesadaran orientasi yang berkaitan dengan gaya gravitasi.

3. Pemeliharaan Keseimbangan
Pada telinga bagian dalam terdapat tiga kanalis semisirkularis yang sel-sel nya mendeteksi gerakan dari telinga bagian dalam (endolimfe) dan sel-sel rambut mengirimkan pesan gerakan ini melalui sel saraf otak.

Otak menerima informasi dari gerakan yang di tangkap bersama dengan isyarat visual dan umpan balik dari otot yang memungkinkan otak untuk menjaga keseimbangan tubuh.
Tags:
Link copied to clipboard.