Bagian-bagian Struktur Anatomi / Struktur Dalam Daun Beserta Pengertiannya | IPA SMP

BangAldhy- Kali ini kita akan membahas mengenai bagian-bagian dalam daun, seperti kita ketahui bahwa daun terbagi atas tiga bagian yaitu: Epidermis, jaringan tiang dan jaringan bunga.

Apa saja struktur daun, ini dia jawabannya

Bagian pertama adalah Epidermis, merupakan lapisan sel tungggal di permukaan atas dan bawah daun dilapisi oleh lapisan tipis lilin yang disebut kutikula yang menyebabkan epidermis ini kedap air dan mengurangi hilangnya air.

Di Epidermis terdapat stomata yang berfungsi sebagi tempat pertukaran gas, pada tumbuhan dikotil (Berbiji dua) stomaa hanya ada di bagian epidermis bawah sementara untuk tumbuhan monokotil (berbiji tunggal) stomata terdapat di epidermis atas dan bawah.

Bagian selanjutnya adalah Jaringan tiang (palisade) adalah sel-sel yang berbentuk memanjang dan tersusun rapat seperti barisan tiang dan banyak kloroplas yang mengandung klorofil. Proses fotosintesis terjadi di jaringan tiang / palisade ini.

Dan bagian terakhir dari struktur anatomi adalah jaringan bunga karang atau spons yang terdapat di bawah jaringan palisade. Dan pada jaringan ini terdapat pembuluh angkut yang berupa tulang daun.
Link copied to clipboard.