Faktor-Faktor Produksi Dalam Kegiatan Ekonomi Beserta Pengertiannya

Bangaldhy- Apa saja faktor produksi dalam kegiatan ekonomi? Pada artikel ini akan di bahas mengenai hal tersebut beserta pengertiannya.

Apa saja sih faktor-faktor produksi dalam kegiatan perekonomian? Berikut ini penjelasannya
Gambar dari pixabay.com
Dalam kegiatan ekonomi terdapat tahapan produksi yang mana pada tahap ini adalah memproduksi atau menciptakan, dan di tahapan ini terdapat beberapa faktor yang di bedakan menjadi empat faktor yaitu:

Faktor Produksi Alam (Sumber Daya Alam) 
Faktor produksi alam adalah segala sesuatu yang disediakan atau telah tersedia di alam untuk dimanfaatkan kembali oleh manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya. Faktor dari produksi alam terdiri dari : tanah, air, tenaga alam, barang tambang, iklim.

Faktor Produksi Tenaga Kerja (Sumber Daya Manusia) 
Faktor produksi kedua adalah tenaga kerja, yang artinya merupakan segala kegiatan manusia yang dilakukan dalam proses produksi untuk dapat menciptakan atau menambah nilai guna barang atau jasa. Faktor tenaga kerja ini sangat penting karna tanpa tenaga manusia segala kekayaan alam tidak akan ada gunanya.

Faktor Produksi Modal 
Dalam ekonomi, modal memang berperan dalam jalannya suatu roda perekonomian. Manusia dapat melakukan pekerjaan jika ada modal. Dan modal tidak hanya berupa uang karena alat-alat dan bahan juga merupakan modal dalam proses produksi.

Faktor Produksi Kewirausahaan atau Entrepreneurship 
Faktor terakhir adalah kewirausahaan atau kemampuan intelektual seseorang untuk dapat mengelola suatu barang mulai dari awal hingga pada ketiga faktor diatas dapat di satukan dalam proses produksi.

Itulah empat faktor-faktor produksi dalam kegiatan perekonomian.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Link copied to clipboard.