Kelainan Pada Ginjal Beserta Penjelasannya - BangAldhy

BangAldhy- Kelainan Pada Ginjal

Jika di artikel sebelumnya kita mambahas mengenai Proses pembentukan urine di ginjal, kini kita akan membahas mengenai apa saja jenis kelainan atau penyakit pada ginjal.

Ginjal sendiri sebagai organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolisme tubuh, apabila pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal



Apa saja jenis kelainan pada ginjal? Berikut ini akan kita bahas secara singkat

1. Gagal ginjal
Gagal ginjal adalah kelainan yang mana ginja sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk menyaring dan membersihkan darah dari sisa zat metabolisme.

2. Batu Ginjal
Batu ginjal adalah kristal yang terlihat seperti batu yang terbentuk di ginjal yang mana apabila kurang mengkonsumsi air dan suka menahan buang air kecil dapan mengendapkan kandungan mineral dan kimiawi yang ada di urine sehingga menjadi kristal.

3. Diabetes melitus
Diabetes melitus atau biasa dikenal kencing manis adalah jenis kelainan dimana proses perombakan glukosa menjadi glikogen terganggu yang ditandai dengan menurunnya kadar hormon insulin dalam tubuh

4. Pielonefritis
5. Polyuria
6. Oligouria
7. Albuminuria

Nah, itulah kelainan yang dapat terjadi pada ginjal, ada baiknya kita juga harus sering menjaga pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Itu saja, semoga artikel ini bermanfaat

See you.

#Source: LKS SMP/MTS IPA Semester 1
Tags:
Biologi
Link copied to clipboard.