Pengertian Akuntasi dan 4 Manfaat Akuntasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

pengertian akuntasi dan apa sih manfaat akuntasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Kalian pasti pernah mendengar istilah akuntasi kan? Dan terutama anak SMA pasti familiar sama istilah ini. Bahkan ada jurusan nya lho di kampus-kampus dan menjadi primadona terutama di kalangan hawa.

BangAldhy- Pengertian dan Manfaat Akuntasi

Hai, kembali lagi ni di blog sederhana ini, kali ini admin mau share mengenai pengertian akuntasi dan apa sih manfaat akuntasi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kalian pasti pernah mendengar istilah akuntasi kan?  Dan terutama anak SMA pasti familiar sama istilah ini.

Bahkan ada jurusan nya lho di kampus-kampus dan menjadi primadona terutama di kalangan hawa.

apa sih pengertian dan manfaat akuntasi?


Baiklah, sebelum nya kita kembali lagi ke judul kita yaitu apa sih pengertian ataupun definisi dari akuntasi?

Apa itu Akuntasi?
Akuntasi diambil dari kata Accountancy / Accounting yang memiliki arti suatu proses atau aktivitas dalam mengidentifikasi, mencatat, menganalisis, mengklasifikasi, menyajikan serta mengolah data yang berkaitan dengan transaksi atau keuangan supaya bisa lebih dimengerti sehingga bisa digunakan untuk mengambil keputusan.
Jika kita ambil pengertian dari Wikipedia maka akuntasi adalah:
Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis"
Jadi bisa kita ambil kesimpulan dari pengertian di atas bahwa akuntasi adalah: proses mengidentifikasi, mencatat menganalisa serta menyajikan data yang berkaitan dengan keuangan dan transaksi.

Sudah mengerti belum? mudah-mudahan sudah mengerti ya dengan pengertian dari akuntasi.

Jika sudah, maka kita kembali kejudul kedua artikel ini yaitu manfaaat akuntasi ya.

Apa sih manfaat akuntasi dalam kehidupan kita sehari-hari?

Berikut ini admin mau share apa saja manfaat akuntasi yang mudah-mudahan dapat di pahami.

1. Untuk Bukti Keuangan yang Bisa Dipertanggungjawabkan

Sama dengan pengertian dari akuntasi yang mana tidak jauh dari uang, maka manfaat akuntasi adalah sebagai bukti keuangan yang bisa di pertanggungjawabkan. 

2. Untuk Evaluasi Keuangan
Masih dengan uang ya, manfaat akuntasi yang sederhana adalah mencatat apa saja pengeluaran kamu yang tanpa sadar kamu keluarkan.

3. Informasi keuangan bagi pihak yang membutuhkan
Pencatatan transaksi sangat dibuthkan ya, terutama di perusahaan bahkan kamu yang masih menerima uang bulanan dari orang tua sebaiknya mencatat ya berapa dan kapan kamu dikirim uang oleh orang tua supaya memudahkan kamu nantinya.

4. Untuk Keluarga
Bagi kamu yang bercita-cita untuk segera menikah ada baiknya kamu mencatat apa saja yang perlu untuk di beli dan berapa pengeluaran serta pendapatan untuk tidak ada masalah finansial nantinya.

Sudah paham dengan manfaat akuntasi?

Semoga sudah ya, mungkin hanya itu artikel kali ini, semoga bermanfaat
Link copied to clipboard.